Friday, May 9, 2014

My Trip to Thailand : Petualangan Seru Jelajah dan Shopping di Thailand


Thailand!!! Terkenal dengan Pattaya dan Phuketnya. Walaupun begitu dalam trip ku kali ini aku tidak sempat mampir kesana. Huhuhu. Aku menginap di Berkeley Hotel Bangkok. Hotel ini sangat besar dan kapasitas kamarnya cukup banyak. You can check their webHotel ini juga dikelilingi oleh banyak pusat perbelanjaan (mirip mangga dua :p). Dan di sepanjang jalan sekitr hotel setiap sore - tengah malam banyak sekali jajanan makanan dan kaki lima yang menjual oleh - oleh seperti baju kaos Thailand.
Thailand Street Food yang ramai dan banyak sekali di jalanan sekitar hotel.
Coconut Ice Cream segar disajikan di dalam kelapa muda.
Btw, rata - rata orang di sini tidak bisa berbahsa Inggris. Terkadang transaksi menjadi sangat menyebalkan and depressing! Hahahaha Ada baiknya moms membawa kalkulator kemana - mana agar bisa berkomunikasi. Lama penerbangan Jakarta - Bangkok : 3jam 30menit.


Sebaiknya moms menggunakan sim card nya Thailand daripada nyalakan roamming international. Beli di bandara langsung karena biasanya mereka jauh lebih mengerti cara setting nya dibanding dengan beli di 7/11 or mini store di luaran sana. Untuk pengguna android dan iphone lebih mahal dari blackberry. Aku membeli perdana D-Tac seharga 299 baht bisa internetan 7 hari dengan iphone ku. Untuk blackberry sekitar 100-200 baht. Signalnya lumayan bagus kok moms :)
Thailand Sim-card.

Sampai di Bangkok aku langsung check in di hotel dan langsung berenang!! Hehehehe. Kemudian dilanjutkan dengan makan malam. Makan malam di royal dragon. Restaurant yang tebesar di thailand. 
The Thailand's Asean Seafood Restaurant.

Tempat makan terdiri dari tempat luas di outdoor nya dan ada juga ruang makan sekaligus karoke seperti pondok - pondokan. Setiap beberapa saat Ada pertunjukan tomyum terbang melintasi dengan wire khusus, kemudian ada pertunjukan tarian tradisionalnya.
Outdoor dan terdiri dari banyak meja.

Makanannya tidak terlalu berbeda bumbunya dengan indonesia ada lalapan, capcay, udang mayonaise, brokoli cah seafood, dan ditutup dengan durian bangkok yang terkenal.

Chinese Food.
Teman - teman udah pada ngga sabar untuk mencicipi durian yang sangat terkenal ini sampai ngga sempet foto deh.

Malamnya aku diberi tahu oleh tour guide nya untuk makan nasi hainam yang sangat ramai dan enak di depan hotel. Katanya tempat makan ini cukup terkenal. Harga per porsinya : 40baht.

Nasi hainam nya super uenak :)

Hari ke 2 city tour :
Sarapan ala hotel yang sangat lengkap.

Perjalanan pertama adalah : Gem Gallery jewelry shop. Dari datang kita sudah disambut dengan free sofdrink. Kemudian kita masuk ke ruangan untuk menonton bagaimana batu itu dibuat. Setelahnya, ada lounge lagi free drinks. 
Thai ice tea from thai itself.

Setelahnya kita akan masuk ke satu ruangan dimana akan banyak sekali perhiasan indah yang sangat menggiurkan. Hehehe. Sayangnya kita sama sekali tidak boleh mengambil gambar / photo. Harga sangat variatif, mulai dari yang selangit ratusan juta dan ada juga yang terjangkau di kisaran ratusan ribu rupiah untuk batu yang dengan perak sepuh emas. Ukhhh mataku ngga bisa berpaling dari indahnya batu sapphire biru. Meskipun ngga mengerti dengan gem (sapphire, ruby, moon stone etc). But who can resist the shine? Hahahaha! Dipikir - pikir tour guide nya pinter juga tujuan pertama belanja tempat yang paling mahal karena persedian Baht nya masih banyak. Setelah bargaining dengan diri sendiri akhirnya aku beli juga. Hahaha.


Perjalanan dilanjutkan dengan wisata yang menjadi khas nya Thailand : Temple Wat pho : sleeping Budha. Tiket masuknya 100baht. Kita bisa melihat patung Budha berwarna emas yang ukuran nya sangatttttt besar! 
Patung Budha nya sangat besar!
Disekitarnya banyak penjual buahan mangga yang patut untuk dicoba. Thailand juga terkenal dengan buah mangga nya, moms perlu mencoba Ketan Mangga yang menjadi khas nya Thailand. Banyak juga yang menjual buah mangga potong segar dengan harga 1 buah 20Baht.



Perjalanan ku dilanjutkan ke Wat arun dengan kapal ferry menyebrangi sungai Chao Praya. Di wat arun mons dapat melakukan wisata temple seperti prambanan.
Sungainya cukup bersih dibandingkan dengan Jakarta dan dimanfaatkan untuk pariwisata.
Wisata Kuil.
Dan wisata belanjanya tidak bisa untuk dilewatkan moms. Pusatnya berbelanja oleh - oleh! Tapiiii moms harus pinter - pinter nawar menawar harga yah!! It's gonna be tough! Tapi tenang saja kebanyakan orang Thailand yang berjualan di tempat wisata bisa berbahasa Indonesia (walau hanya ala kadarnya). Yang penting saling paham and DEAL! Hehehe. Harga kaos oleh - oleh Thailand di sini sekitar 80 Baht. dan hasil kerajinan seperti bros sekitar 120 Baht. Ada juga Keripik durian : 210 gr 300baht.
Langsung diserbu oleh para wisatawan.
Lanjut lagi naik kapal untuk Memberi makan ikan patin dengan roti yang ada di dekat sebuah kuil. Ikan patinnya berukuran besar dengan warna hitam dan sangat banyak mengerumuni kapal ku. Sambil memberi makan sambil berdoa di dalam hati. Ada kepercayaan kalau saat itu moms bisa melihat ikan yang berwarna putih artinya beruntung. Kalau mancing di sungai tersebut akan dikenakan denda 2000 Baht karena ikan di sungai tersebut dianggap keramat. (Maap lupa foto, takjub sendiri dengan banyaknya jumlah ikan yang datang untuk makan ROTI!)



Makan siang di Yok yor marina restaurant masih naik ferry untuk berpindah tempat karena posisinya tepat di sisi sungai. Hidangannya seperti biasa chinese food.


Setelahnya aku mengunjungi tempat penjualan madu yang sangat terkenal di Thailand. Ada presentasi singkat tentang cara membedakan madu asli dan tidak. Dan katanya 80 persen madu yang dijual di pasaran ternyata madu yang dipaksa panen sehingga jika dibiarkan lama akan muncul kristal endapan. Hmmm. Yang terkenal dari sini adalah Royal Jelly nya.
Royal Nine Residence
Untuk makan malam aku kembali ke hotel untuk acara Gala Dinner special :p. Makanan yang disajikan malam itu benar - benar khas Thailand : Tom yum, Bola - bola ayam cincang, Kari bebek dengan kacang polong dan lain - lain.


Hari terakhir saatnya wisata belanja!!

Aku dan teman - teman menjelajah pasar - pasar sekitar hotel yang sangat ramai. First stop : Baiyoke. murah meriah. Jegging <Rp.50.000. Baju anak Rp50.000-100.000. Beli baju kaos sablon warna warni dengan banyak macam gambar dan warna 100Baht each if you travel in group you could arrange to buy it together > 50 items = 80Baht each. Lalu aku melanjutkan lagi perjalanan ke Mall - mall sekitar hotel (rata - rata mirip mangga dua tapi tentunya dengan harga yang jauh lebih murah). Akhirnya aku mengerti kenapa di online shop sering kali banyak penjual "PO Bangkok" yeap, barang - barang nya bagus dan harganya sangat murah!
Pasar nya yang  murah meriah
Mangga dua versi Thailand. :p
Belanja Print - Tshirt total sampai 80 buah. hihihihi
yuk dipilih - dipilih~
Setelah kaki gempor seharian kami beristirahat sejenak sekalian menyimpan belanjaan di hotel. Dan melanjutkan perjalanan dengan taksi dari Berkeley hotel ke MBK mall thailand yang cukup besar dan mewah untuk mengunjungi museum lilin nya madam tussauds. Hati - hati moms taksinya tidak pakai argo loh. Setelah tawar menawa aku dapat harga 150 Baht. Dan ticket masuk ke Maddam Tussauds nya 800 Baht. Dimulai lah sesi foto - foto hehehe ada banyak sekali artis - artis hollywood dengan trademark mereka masing - masing. Here's some of my funny picture.

Patung lilin nya yang sangat detail dan menakjubkan.
Bebas foto dan bergaya bersama artis. Ga kalah cling and flawless ama artis nya :p

Turun ke lantai paling bawah sebelum menuju loby mall, ada store Naraya yang sangat besar. Naraya adalah produk kerajinan tangan khas Thailand yang sangat unik dan lucu seperti tas, dompet dan pouch. Cocok untuk oleh - oleh. Harganya pun lebih murah dibanding dengan storenya di Indonesia.



Untuk Berkeley hotel aku beri rating 5/5, hotelnya besar, kamarnya cukup nyaman, posisi yang strategis di tengah kota, ada kolam renang, FREE wifi, dan ada komputer di ruangan lounge nya untuk anda gunakan secara FREE, ada fitnes center yang cukup lengkap untuk selalu bugar selama liburan, makanan untuk breakfastnya juga sangat lengkap. Ada baiknya apabila moms ingin wisata jalan - jalan menggunakan jasa tour guide, dari tour-ku yang di Indonesia (Joy Tour) bekerja sama dengan Skyhub untuk city tour Thailandnya, para tour guide lancar sekali berbahasa Indonesia padahal mereka asli Thailand. Tapi kalau sekedar wisata belanja, Berkeley hotel adalah tempat menginap yang cocok banget buat moms! Ingat untuk bawa kalkulator kecil sebagai andalah komunikasi tawar menawar. Hehehehe.


Tips : Hati - hati moms kalau ingin bepergian di Thailang jangan pernah naik tuk - tuk. Just don't!! Moms bakalan dipaksa dan diantarkan ke sebuah store / penjual kupon wisata yang "katanya" resmi (IDTS!) / tempat makan yang ternyata super mahal. Biarpun moms penasaran ataupun supirnya menyatakan "no market place for today, i'll take you straight to the place. It's a lie. Hahaha. Sebaiknya jangannnnn naik. Dan selalu gunakan taksi resmi. Ada baiknya juga moms menggunakan GPS untuk selalu mengecek posisi karena begitu kita nyasar, ukhhh bahasa sangat menjadi kendala.
Just taking a picture with Tuk - tuk.
Back to Jakarta!

Jarak dari hotel ke bandara sekitar 1 jam. Moms, pastikan seluruh kosmetik dan cairan masuk di bagasi yah!! Petugas bandara Thailand ini jauh lebih strict dibandingkan dengan di Indonesia. Mereka tidak memberikan toleransi sama sekali dan barang moms akan langsung dibuang. Bandanya sangat keren!! Tidak kalah dengan Changi Singapore. Ada store Gucci, Prada, Hermes, Bulgari, Channel dll. Store duty free nya juga tidak kalah menggiurkan. Berbagai kosmetik dan parfum lengkap berjejer untuk dibeli. Strategi yang pintar dari Thailand yah supaya moms pulang ke negara asal tanpa membawa sisa Baht sama sekali. wkwkwkwkwk. Jadilah aku menghabiskan dengan membeli oleh - oleh. Ssst... ada jual biskuit rasa Tom Yum dan Durian loh!!!
Bandara yang sangat luas dan nyaman.

Siap berangkat untuk pulang.
Saking serunya belanja di Bandara sampai tidak sempat makan siang. Untung ada makan siang di pesawat.

5 comments:

  1. Thailand memang bagus,tapi kotor,tidk ada tempt sampah,pantainya kotor,
    Murah sich murah,lebih baik ke korea atw jepang,

    ReplyDelete
  2. Thailand memang bagus,tapi kotor,tidk ada tempt sampah,pantainya kotor,
    Murah sich murah,lebih baik ke korea atw jepang,

    ReplyDelete
  3. iya buah mangganya seger banget^^ ngga bosen liburan ke bangkok^^

    diarisiay.blogspot.co.id

    ReplyDelete