Monday, March 31, 2014

Pasta gigi yang aman dan disukai bayi

BabyGanics Fluoride Free Toothpaste

Hi urbanmoms! As we know, kita harus membiasakan si kecil untuk menyikat gigi setiap hari sedini mungkin! Atas arahan ibu mertua yang cukup strict soal menyikat gigi (yupp hasilnya suami punya gigi kuat dan sehat sampai sekarang) aku mulai membiasakan Michael untuk membersihkan gigi 2x sehari dari sejak lahir. Hal kecil yang aku ulang terus - menerus ini akhirnya jadi kebiasaan permanen. 

Untuk pertama kali di 6 bulan pertama or at least sampai tumbuh gigi pertama, aku membiasakan Michael membersihkan mulut dengan alat penyikat gigi dan lidah bayi yang bahannya sangat lembut seperti kompeng bayi. 

Silicon safe baby toothbrush by Pigeon
Pastikan alat bersih dan disterilkan terlebih dahulu, kemudian lakukan minimal 2x sehari (sehabis menyusui) celupkan silicon nya ke dalam air hangat masukan perlahan kedalam mulut bayi secara perlahan, kemudian biarkan bayi mengunyahnya apabila moms masi ragu dengan cara membersihkannya. 

Rutinitas ini terus berlanjut, kebiasaan kecil yang berbuah manis, setelah tumbuh gigi, aku lalu mengganti dengan sikat gigi bayi yang dijual dipasaran. Biasa ada merk oral b, pepsodent, dll, dan untuk Michael aku memilih Jordan karena desain nya yang lucu dan ada pegangannya. Untuk pasta gigi pertama nya aku benar - benar berhati - hati!! pasalnya, Michael belum mengerti cara berkumur! sikat gigi dikira sendok dan pasta gigi gel wangi buah nya dikira makanan! Setelah melakukan banyak pencarian akhirnya aku disaranin oleh seorang teman Miss S untuk menggunakan pasta gigi organics yang benar - benar pure, bentuknya gel bening yang aman walaupun tertelan bayi. Product babyganics ini dapat moms beli di store Mothercare dengan kisaran harga 120.000 an, worthy buat si kecil dan tahan lama karena pakai nya sedikit saja setiap hari.

Jordan Baby Toothbrush
Sampai sekarang Michael sudah berumur dua tahun, Michael masih belum mau mengganti pasta giginya. -.-" Aku pernah mencoba pasti gigi biasa yang bukan gel, Michael jadi ogah menyikat gigi. Sampai sekarang masih belajar kumur-kumur. Intinya moms harus telaten dan sabar, karena terkadang ada hari nya si kecil sanggat ngga mood dan menutup rapat mulutnya.

Tips membiasakan si kecil menyikat gigi sejak dini :
-sediakan sikat gigi lucu yang disukai si kecil
-sediakan juga cup kecil yang khusus hanya digunakan untuk mengisi air berkumur si kecil (jadi dia tahu air di gelas ini bukan untuk diminum). Isi air kumur dengan air mineral yah moms.
-biarkan si kecil memegang sendiri sikat giginya. Moms hanya bantu mengarahkan saja, supaya si kecil punya feeling dan inisiatifnya.
-disiplin dan konsisten dilakukan secara terus menerus dan usahakan dalam kondisi dan jam yang sama, misalnya saat mandi pagi dan malam setelah mengganti piyama. Dengan melakukan nya secara konsisten akan lebih mudah untuk dimengerti oleh anak.

I'm not an expert here, just sharing based on my personal experience with my baby Michael. Feel free to ask or correct me. Being a mom is never ending, always LEARNING. :) Agree....??

0 comments:

Post a Comment