Wednesday, June 4, 2014

Ada benjolan di belakang telinga si kecil? Berbahayakah?

Moms, sebagai Ibu baru kita tentunya sangat mudah panikan dengan perubahan sekecil apapun pada bayi kita. Terlebih jika hal itu dirasa cukup aneh dan tidak normal. Suatu ketika, saat membersihkan telinga Michael (kira - kira saat berumur < 1 tahun), aku menemukan sesuatu yang aneh pada belakang telinganya. Ada benjolan yang cukup besar, tapi tidak memerah seperti bisul, tidak juga berwana ungu seperti memar / lebam. Hanya benjolan dari dalam persis di belakang telinga. Jika di raba benjolan tersebut terasa cukup keras, tapi juga tidak seperti sekeras tulang, dan Michael langsung menyingkirkan tangan ku tanda dia tidak nyaman, tapi tidak kesakitan. 
Ada sepert benjolan agak keras du belakang telinga nya.
Masih penasaran dengan benjolan tersebut sejak kapan ada di sana? Apa selama ini aku tidak sadar? Aku mencoba mencari - cari foto Michael yang lama dan ternyata tidak ada benjolan tersebut. Wahhhh semakin panik aku lalu search di Google dannnn hasil nya aku jadi semakin panik. Tentu saja kalau google penyakit pasti banyak artikel tentang "kemungkinan" terburuk, katanya itu adalah kelenjar getah bening yang mengalami infeksi sehingga membengkak ataupun infeksi saluran THT. Seperti biasa, kalau meng google suatu penyakit kita pasti akan semakin stress hahahaha. Tapi karena Michael tidak terlihat terlalu terganggu akhirnya aku mencoba mengkonsultasikan dengan teman - teman sesama ibu lainnya. Akhirnya aku bertemu seorang teman ku yang ternyata anaknya juga mengalami hal demikian, akan tetapi si kecilnya mengalami infeksi pada telinga, sehingga harus di operasi. Aku langsung parno dan ketakutan, kemudian dia melanjutkan : Kalau baby nya ngga panas demam atau sakit itu sih ngga papa, tandanya ada daya tahan tubuhnya, itu bengkak lagi ngelawan infeksi aja kok, berat badannya juga normal - normal aja kan?. Dari situ aku sedikit lega, kemudian saat saat jadwal imunisasi selanjutnya aku menanyakan kepada dokter anak Michael tentang keanehan benjolan di belakang telinganya, dokter juga mengatakan hal tersebut normal dan tidak berbahaya selama si anak sehat - sehat saja dan penjelasannya pun lebih kurang sama  dengan yang diceritakan temen ku (Aku tidak terlalu ingat penjelasan ilmiahnya).

Setelah diyakinkan, akhirnya lama - kelamaan aku sendiri lupa dengan keberadaan benjolan itu, terus terang aku tidak ingat kapan persisnya si benjolang hilang, yang pasti 1 minggu pertama pas lagi khawatir - khawatirnya sih masih ada, setelah itu aku lupa sendiri sampai suatu saat dia tidur beberapa bulan kemudian aku teringat dan langsung mengeceknya ternyata benjolan tersebut sudah hilang dan hampir tidak pernah muncul lagi. Di google aku melihat banyak sekali moms yang anaknya mengalami benjolan tersebut dan mencari beritanya, maka dari itu aku juga ingin sekali berbagi pengalaman ku soal benjolan di belakang telingan anak yang dialami Michael. Semoga informasi ini bermanfaat. Yang terpenting selama bayi kita sehat - sehat saja, makan dan minumt teratur, aktif dan berat badannya bertambah moms tidak perlu khawatir berlebihan karena terkadang aura stress yang kita pancarkan justru malah mempengaruhi mood si kecil :). Akan tetapi apabila moms sangat cemas dan panik, moms bisa konsultasikan ke dokter, atau bahkan beberapa dokter anak untuk mendapatkan referensi pasti. Just Sharing <3
Hilang dengan sendirinya.


Love,


eFonny

51 comments:

  1. Anaku juga ada benjolan keras dibelakang teling, kalau tak raba seperti tulang, bedanya anak tidak merasa tidak nyaman. Saya sudah konsul ke dua DSA katanya sih nggak apa-apa bunda, aman. Tapi ketika baca di google, jadi parno bund. Terakhir parno itu ketika ketemu kerabat residen bedah anak, jadi tambah parno. Mudah mudahan anaku juga sehat bund, bukan sesuatu yang membahayakan. Tks atas informasinya bunda :)

    ReplyDelete
  2. nice info bun.. anakku jg ada benjolan keras di blkng telinganya, stlh artikel dr bunda michael...
    akhirny agak lega.... mdh2an anak ku sama sperti michael tdk terjadi apa apa
    doain ya bunda smua.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @hendy gmna kbar anaknya.. Ud smbuh bnjolanya?

      Delete
    2. Aamiin. Anak saya jg sama dg anak bpk ada benjolan keras d blkang telinga

      Delete
    3. Anak saya juga ada dibelakang telinga kiri dan di kepala belakang dekat tengkuk nya. Saat ini memang kondisi anak saya sedang alergi,mudah2an itu gak bahaya. Aamiin. Bunda2 gimana,msh adakah benjolan di kepala anaknya??? Mohon infi nya ...

      Delete
    4. Anak saya juga ada dibelakang telinga kiri dan di kepala belakang dekat tengkuk nya. Saat ini memang kondisi anak saya sedang alergi,mudah2an itu gak bahaya. Aamiin. Bunda2 gimana,msh adakah benjolan di kepala anaknya??? Mohon infi nya ...

      Delete
    5. terima kasih postingnya,pagi ini saya menemukan benjulan serupa pada anak saya,setelah membaca info ini jadi agak tenang

      Delete
    6. Sekarang sdh hilang benjolannya bu?

      Delete
    7. Sekarang sdh hilang benjolannya bu?

      Delete
    8. Pak hendy.. Benjolannya sdh hilang??

      Delete
  3. 3 hari yang lalu anakku tumbuh benjolan yang sama dan sekarang juga belum hilang tapi sudah mengecil... Kata dokter anakku kena radang tenggorokan dan alergi jadi kelenjarnya membengkak.. Semoga beberapa hari kedepan dah sembuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai moms, iya memang bisa karena radang juga karena satu salurahan semua kalau THT. Mudah - mudahan ngga ada apa-apa ya moms, kita mommy2 memang suka parnoooo banget, apalagi kalau sudah soal anak hehehehe.

      Delete
  4. Hallo bund... pengalaman'y sma bund tp anak sya benjolan'y ad beberapa bund, saya agak parno bund karna anak sya ga sakit tp benjolan tetap ada. Anak saya alhamdulillah masih mw makan, berat badan jg tiap bulan alhamdulillah naik. Kira2 bahaya ga ya bund? Usia anak sya 11 bulan, sya sdar ada benjolan ketika usia anak sya skitar 2 bln. Mohon info ya bund klo ada yg tahu. Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Anakku juga ada bun ... badanya sepertinya sehat aktif tp berat badanya tdk gemuk tdk kurus baiknya gmana ya bun ? Parno ddkan sy bun ... klo cek ke spesialis anak atau kebagian apa ya bun ? Perlu tdk ya cek up? Tp sy takut jg bun klo ternyata dokter blang yg kurang baik tp klo didiemkan sy jd kpikiran .

    ReplyDelete
  6. Anakku juga ada bun ... badanya sepertinya sehat aktif tp berat badanya tdk gemuk tdk kurus baiknya gmana ya bun ? Parno ddkan sy bun ... klo cek ke spesialis anak atau kebagian apa ya bun ? Perlu tdk ya cek up? Tp sy takut jg bun klo ternyata dokter blang yg kurang baik tp klo didiemkan sy jd kpikiran .

    ReplyDelete
  7. anakku waktu itu muncul benjolan kecil d kepala belakang bag.bawahnya...kl di pegang kaya agk lari2 gitu skrg di pegang di bag.belakang dket telinga ada benjolan lagi..smpet googling emng bner bikin parno ,jd worry tapi mudh2 gak apa2 ya
    bund..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda terus gmn skrg.. apa sudah hilang?

      Delete
    2. Hai bund,,kyknya sama deh, benjolannya ga keras, suka lari2, klo pas ank ngantuk dia suka garuk2 gitu di bagian itu. kyk gatel banget. Itu gmn ya? mau priksa sih nanti, soalnya br googling dan parno sndri..

      Delete
  8. Hay bun annkq juga mngalami hal serupa baru tau beberapa hr lalu.. kira2 bhy g ya benjolan itu saya merasa takut juga sii .. mirip bngt sprti pny michael.. tapi babyq sehat n aktif

    ReplyDelete
  9. Hay bun annkq juga mngalami hal serupa baru tau beberapa hr lalu.. kira2 bhy g ya benjolan itu saya merasa takut juga sii .. mirip bngt sprti pny michael.. tapi babyq sehat n aktif

    ReplyDelete
  10. anak aq juga ada benjolan kecil, niatnya nanti imunisasi aq mau sekalian konsul sama dokterny,, tapi alhamdulillah setelah baca artikel ini,, sedikit membuat saya lega karna anak saya masih akti dan sehat, semoga benjolan itu bukan penyakit yang mengerikan ya,, mohon doanya ya,, dan semoga anak2 kita sehat selalu.. amin yra.. thanks bun for sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana bun,benjolan dikepala anaknya sudah hilang atau msh ada? Anak saya usia 1tahun,juga ada dibelakang telinga kiri dan di kepala bagian belakang dekat tengkuk nya.

      Delete
    2. Anakku jg da benjolan dibelakng telinga n di tengkuk.tp anaknya aktif bgt n beratnya slu bertambah gak ada mslh.anak kamu msh da benjolannya yurnelis?

      Delete
  11. Anak ku juga ngalamin kaya gini bun...semoga anakku juga ga apa2 ya bun..aku juga sebenernya ada niat konsultasi dokter...tp aanak ku juga masih sehat,masih ceria,makan juga lahap...mudah2an gpp..minta doanya ya bun...

    ReplyDelete
  12. sama bund, anak sy jg lg ad benjolan diblakang telinga kanan baru muncul beberapa hari lalu, kndisi sehat+lincah cm lg gak nafsu makan (penyakit langganan). stelah baca sharing bunda, kayaknya anak sy mang yg membentuk sistem imun tubuh,cos minggu kmrn br imunisasi MMR. abis baca ini jd agak lega, gak parno2 bgt. tp tetep hrus direview lg. semoga gak ad ap2.

    ReplyDelete
  13. sama bund, anak sy jg lg ad benjolan diblakang telinga kanan baru muncul beberapa hari lalu, kndisi sehat+lincah cm lg gak nafsu makan (penyakit langganan). stelah baca sharing bunda, kayaknya anak sy mang yg membentuk sistem imun tubuh,cos minggu kmrn br imunisasi MMR. abis baca ini jd agak lega, gak parno2 bgt. tp tetep hrus direview lg. semoga gak ad ap2.

    ReplyDelete
  14. sore ini saya juga baru sadar kalo ada benjolan keras d belakang telinga si baby, jujur parno bgt karna saya bekerja d rumah sakit jd karna sok taunya saya dan keppo nya saya saya jd menduga" sendiri dh,,, hadeehhh thx ya bun infonya smoga bkn apa" dan tdk menjurus ke yg lebih serius...amien

    ReplyDelete
  15. maaaf ya ikut ngerumpi heheh saya juga sama ko ada bejolan d belakang telinga, tidak pernah membesar juga, malah dari saya SD masih ada ko sampai skrg. ya memang baca d google itu makin bikin parno saya juga sama bun parno sendiri dan sampai kefikiran ,memang harus hati hati kalo cari soal penyakit. Sensitif soalnya tp saya alhamdu

    ReplyDelete
  16. Ass, siang bunda2 smuanya. Putriku juga ngalamin hal yg sama, udh 3 harian ini. Memang sih dia tetep ceria, ga ngrasa sakit ga panas cuma suka risih kalo benjolannya d pegang. Stelah baca artikel ini agak sedikit lega tapi ttep cemas, krna takut nntinya bakal berlanjut bahkan jdi gede (naujubillahiminjalik). Mau nnya nih bun, ada ga obat herbal yg pernah bunda kasih k si baby, kalo ada apa ia? Thanks

    ReplyDelete
  17. Sama nih kasus nya sama anak saya, umur mau 2 thn, gak tau ada benjolan tu dri kapan, yg pasti dah lama udah hampir 5 bulanan mungkin, cma sampai skrg kok gak ilang2, kesehatan gak ada yg aneh sebenarnya, paling sakit2 biasa kya batuk flu, semoga aja anak saya dan rekan2 lainya yg baca artikel ini dan jga mempunyai permasalahan yg sama cpt sembuh anak nya. AMIN YA ALLOH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba benjolannya gimana?? Apa skrng sudah hilang

      Delete
  18. Saya jga menemukan benjolan dibelakang telinga kiri anak saya...saya kan nyoba cari tau digoogle aduuh penjelasanya makin bikin aq parno...tp anak saya alhamdulillahnya sehat dan aktif...semoga aja cepet menghilang...karna qt para ibu sangat khawatir tentang anak...semoga anak kita selalu sehat ya bun...amin...

    ReplyDelete
  19. Anak saya umur 5 th juga ada dibelakang telinga kiri,dan dikepala belakang bagian bawah,anaknya sih aktif dan biasa aja,cuma jadi kepikiran juga,benjolan itu saya temukan sejak di umur 3,5 th

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah...trxta bkn cm sy aj yg panik...
    Trxta Byk orgtua yg ankx mngalami hal yg sama sprt bayiQ...
    Krn bayix alhmdllh mnjukn kondsi yg baik inshaallah tdk trjd ap"...
    Aamiiin

    ReplyDelete
  21. ya bunda anak saya juga sejak usianya 3.3 thn muncul benjolan belakang telinga memang waktu itu muncul seperti alergi dingin tp samapai sekarang benjolannya blm hilang anak saya sekarang hampir 4 tahun (18 april tepatnya 4 tahun)tp ketika makan ikan atau yang agak gatel muncul bentol seperti digigit nyamuk pada kakinya. sebelumnya blm pernah seperti itu. dari semenjak kejadian muncul bejolan dan alergi dingin spt kulit merinding itu hingga sekarang bun.

    ReplyDelete
  22. Nice Info Mommy, anakku juga ada benjolan di belakang leher. Ketika aku coba tanya2 sm dokter, katanya itu gpp selama anak sehat. Krn kebetulan anakku lagi batpil, jd wajar jika benjolan tsb timbul.

    ReplyDelete
  23. anakq juga ada benjolan baru semalam aq mengetahuinya semoga tdk terjadi apa2 dan hilang dengan sendirinya mohon doanya ya bunda2...

    ReplyDelete
  24. ikutan sharing. jjur ak kuatir bgt skrg. ak mnydari d blkng telinga Ankku jg ad bnjolan tp kt doktr gpp. tp smnggu belkngan telinga ankku brair kufkr ap krn kmsukan air. kubw k doktr THT ktnya kena cutton bud pdhl ak dan pngasuhnya g prnh gunakn cuttnbud. trs dksih obt tetes stlhnya trliht kering. 2 hrinya kontrol kmbli krn berair lgi. kt doktr kmngkinan jamur dtreatmnt dg salap. trs trliht kring tp 2 hr ini mulai brair dan brbau sprti kaos kaki basah. ak kuatir ap ad kitannya dg bnjolan dblkng telinganya kah? tolong dong ak bnr2 kuatir. mo dbw k THT ak g tega ankku trauma skli 3 x visit doktr yg sm sbb disedot pake selang itu kasihn ak g tega.

    ReplyDelete
  25. ikutan sharing. jjur ak kuatir bgt skrg. ak mnydari d blkng telinga Ankku jg ad bnjolan tp kt doktr gpp. tp smnggu belkngan telinga ankku brair kufkr ap krn kmsukan air. kubw k doktr THT ktnya kena cutton bud pdhl ak dan pngasuhnya g prnh gunakn cuttnbud. trs dksih obt tetes stlhnya trliht kering. 2 hrinya kontrol kmbli krn berair lgi. kt doktr kmngkinan jamur dtreatmnt dg salap. trs trliht kring tp 2 hr ini mulai brair dan brbau sprti kaos kaki basah. ak kuatir ap ad kitannya dg bnjolan dblkng telinganya kah? tolong dong ak bnr2 kuatir. mo dbw k THT ak g tega ankku trauma skli 3 x visit doktr yg sm sbb disedot pake selang itu kasihn ak g tega.

    ReplyDelete
  26. Bunda bunda, pulang kerja budeh yang ngasuh bilang byan demam, dan ada benjolan d belakang telinga kanan, parno lalu googling artikel yg di baca bikin takut.., apa setiap ada benjolan di belakang telinga selalu demam y!!! Plus byan pilek padahal pagi sewaktu di tinggal belum pilek,lalu kalau di raba bilang sakit

    ReplyDelete
  27. Waduh bun anakku jg lg ada benjolan di seblah kanan dan sblum ada bnjolan memang anakku alergi nya lg kambuh dan tumben lama bgt sembuh nya... Biasanya alergi nya cuma beruntusan merah tp skrg seperti kulit kering kebakar selurub badan sampai ke kepala... Sama dokter dinkasih antibiotik dan obat alergi... Masih dagdigdug nih udh seminggu minum obat tp blm kempes jg...

    ReplyDelete
  28. Anakku juga ada benjolan di blkang telinga kanannya.dan baru sadar kemaren.karna memang sebelumnya tidak ada.sempat googling mlh bikin panik.benjolannya mirip dgn punyanya michele.mdh2n tidak apa2 ya karna ankku ttp aktif dan sehat.ankku umur 6bln.minta doanya moms mdh2n anak anak kita sehat selalu

    ReplyDelete
  29. Makasiy bunda info dan sahring2 nya..aku jg lg parno bgt,, pas bilang ada benjol kecil..di blkang telingan bawah deket tengkuk... semoga ga apa2..ammiinn...

    ReplyDelete
  30. Hai bunda, anakku perempuan usia 6th dan mengalami hal yg sama kaya anak2nya bunda,tpi baru 2 minggu, benjolannya di blkg telinga kiri, keras tpi bukan tulang, bisul gak, lebam juga gak, tpi suhu badan normal2 sj, BB 25kg, anaknya suka makan/gak pilih2. Qlw benjolannya dipegang kadang sakit kadang gak (kata anaknya). Tpi sbg ortu tetap sj worry dgn adanya sesuatu yg ganjil pda tubuh anak, rencanya mo bw ke DR, tpi pas bca pengalaman bunda yg di atas kayanya tahan dulu deh liat perkembangannya gmna. Emang sih bulan lalu anakku sempat masuk RS krn demam/Radang di bgian tenggorokan, mdh2n aja gak apa2.

    ReplyDelete
  31. Halo para Bunda... Sama seperti para bunda. Anakku sekarang umur 1 tahun 4 bln. Benjolan ada di bawah telinga kanan dan telinga kiri serta di pangkal paha kanan dan paha kiri. Masing2 tempat benjolan ada 2 atau 3 benjolan. Benjolan ini aku sadar ada dari usia 1 bln. Sampai sekarang gak hilang. Kalau tanya dokter katanya gpp. Anak memang sangat aktif cuman susah makan, jadi berat badan minus upnormal. Usia 1 thn 4 bln beratnya 9,2 kg. Kekhawatiran ku berkurang karena banyak para bunda yg bernasib serupa. Smoga anak kita sehat2 aja ya bun...

    ReplyDelete
  32. tQ buat informasinya para bunda..anakku mengalami hal yang sama.Semoga semua baik2 saja..amin

    ReplyDelete
  33. Anakku usia 16 bulan, sudah sejak berbulan-bulan yang lalu (mungkin waktu usianya 2 bulanan) ada benjolan 3, di kepala bagian belakang 1, di belakang telinga kanan 1, di leher bawah telinga kanan ada 1. Sampai sekarang sih gak ada masalah kesehatan,cuma berat badannya aja susah naiknya. Belum pernah konsul ke DSA soal benjolannya. Anakku aktif dan makannya mudah.

    ReplyDelete
  34. makasih ya bunda atas infonya. Anakku juga ada benjolan di telinganya..awalnya 1 benjolan..kata neneknya itu benjolan dari getah bening dibelakang telinga dan itu lumrah. cuma aq tetep khawatir, jadi aku searching"...walhasil panik bgt..tiap hari aq perhatikan benjolannya. Nah 3 hari yang lalu anakku sakit...aq cek belakang teliganya benjolannya tambah banyak. Mungkin karena lagi melawan infeksi kali yah bun.
    Sekarang udah mulai sembuh, tapi benjolan masih ada. Nanti aku cek lagi deh. Semoga tidak apa" ya bunda

    ReplyDelete
  35. Sy juga mau sharing nih bunda, anak saya usia 7 bulan,2 hari yg llu saya baru sadar kalo ada benjolan kecil di belakang telinga kiri anak sy. memang seminggu yg lalu badannya anget terus turun, kmrn anget lagi, anak sy aktif dan mau makan. sy jd khawatir setelah searching2 di google ternyata byk artikel menyatakan kl itu kelenjar getah bening. rencanany sy mau bawa anak sy ke dokter segera. sy jadi lemes bun :( , mudah2an benjolannya lekas hilang dan demamnya segera turun. semoga anak kita semua sehat wal'afiat ya bunda. aaminn.

    ReplyDelete
  36. thanks, bgt infonya bund. baby saya sedang mengalami hal tsb. ada benjolan di sebelah kanan, tapi nya benjolan tsb ada 2 (seperti gundu kecil) dan suhu tubuhnya normal, BB nya jg bagus. aku sih belum ke RS, rencananya sabtu ini baru ke RS sekalian Imunisasi jg. Semoga gak kenapa2 ya bund dgn baby aku. aamiin.

    ReplyDelete